#1 Pengantar Trading dan Investasi

#1 Pengantar Trading & Investasi

Selamat datang di dunia pasar modal indonesia. Tempat dimana uang akan bekerja untuk anda. Tempat dimana 90% orang berkepentingan untuk menjadi makmur di masa depan. Tempat dimana kita tidak berteman dengan teman kita sendiri. Tempat dimana bahagia sendiri – sendiri dan sedih bersama. Tempat orang pintar dikalahkan oleh orang cerdas dan cepat. Tempat si miskin bisa menjadi kaya dan si kaya menjadi miskin.

“RISK EVERYTHING”

Dunia pasar modal tidak selalu indah seperti cerita banyak orang, dunia pasar modal juga tidak seburuk cerita banyak orang. Bagi saya baik dan buruk selalu bersama, seperti keuntungan dan kerugian. Semua tercipta dalam sebuah dimensi keseimbangan, maka keseimbangan akan terbentuk sesuai sudut pandang. Beberapa orang bicara pasar modal khususnya saham adalah hal yang menakutkan, beberapa orang bicara saham adalah hal yang paling menarik dan berharga.

Seribu langkah perjalanan dimulai dari satu langkah awal. Begitu juga perjalanan karir saya di pasar modal dimulai ketika tahun 2006. Hal pertama yang menarik saya memilih pasar modal adalah “pasar modal adalah tempat dimana uang bekerja dan melayani saya” tapi sayang itu hanya bersifat sementara sebelum krisis 2008 menghabiskan semua yang ada mulai dari impian, kebahagiaan hingga keluarga. Dari sini saya berpikir “pasar modal bukan untuk semua orang, karena pasar modal hanya untuk orang – orang pilihan” pasar modal hanya untuk orang yang mau belajar cerdas, bekerja keras, dan membangun masa depan.

“ORANG TUA bukanlah tempat uang darurat bagi anak-anaknya, dan ANAK - ANAK bukanlah tempat uang pensiun bagi ORANG TUANYA” – Livermore family

Dari kutipan tulisan di atas, maka mulai sekarang belajarlah untuk membuat diri kita sejahterah dan makmur. Kita tidak salah memilih pasar modal indonesia untuk menjadi alat kemakmuran dan kesejahterahan keuangan kita di masa depan. Akan tetapi untuk mengawali karir kita di pasar modal alangkah baiknya kita mempelajari resikonya terlebih dahulu. Resiko amat sangat wajib dipelajari bagi siapapun untuk memulai sebuah bisnis, karena ketika diawal sebuah negoisasi anda sudah berbicara tentang keuntungan, maka resiko besar dan nyata menunggu anda. Lalu apakah jika kita berbicara tentang resiko diawal sebuah bisnis maka keuntungan besar dan nyata menunggu kita ? jawaban mutlak adalah “TIDAK” tapi, kita tidak terlalu besar menanggung resiko terbsesar. Perlu saya ulang ...

“Resiko tidak akan pernah hilang, akan tetapi resiko bisa diminimalkan.”

Semakin lihai kita dalam sebuah bidang maka semakin kecil resiko yang kita hadapi. Semakin mahir kita memasak, semakin kecil gosong atau terlalu asin terjadi. Semaking mahir kita menyetir mobil semakin kecil resiko kita tabrakan. Begitu juga dengan saham, semakin kita paham cara menggunakan saham sebagai alat kemakmuran dan menimbun kekayaan untuk masa depan maka semakin kecil resiko yang kelak kita hadapi nantinya.

Akan ada 10 tulisan yang wajib pemula baca sebelum memulai berinvestasi saham dan berkarir di pasar modal indonesia. Apakah semua tulisan ini nantinya bisa membuat kita semakin kaya di pasar modal ? jawaban mutlak “TIDAK” akan tetapi membuat kita lebih siap dengan segala resiko yang ada dan dapat meminimalkan resiko serta memaksimalkan keuntungan di masa depan.

Kami tidak bisa membuat anda lebih kaya, tapi kami bisa membuat anda lebih cerdas agar lebih makmur. Karena orang kaya hanya punya uang di masa pensiun, sedangkan orang makmur lebih banyak waktu luang di masa pensiun.